Prospek Kerja Jurusan Biologi – Lulusan jurusan Biologi kerja apa? Pernahkah kamu bertanya demikian? Tidak perlu bingung, prospek kerja jurusan Biologi bermacam-macam. Lulusan Biologi bisa kerja menjadi analisis laboratorium, teknisi laboratorium, pendidik (guru/dosen), bahkan petani yang inovatif.Berikut ini adalah informasi selengkapnya dari kotawisataindonesia.

Guru

Lulusan sarjana Biologi bisa memilih karir sebagai seorang guru di SMP atau SMA. Kamu bisa memulai langkah menjadi guru honorer atau lembaga bimbingan belajar. Kalau kamu mengikuti tes CPNS dan berhasil, gaji pokok dan tunjangan bernilai jutaan menunggumu. Tetapi saingan juga sangat banyak.

Penulis

Peluang atau prospek kerja biologi berikutnya yaitu menjadi penulis. Kalau kamu suka menulis, bisa memilih karir sebagai penulis artikel lepas atau jurnal ilmiah. Kamu bisa mengisi kolom tulisan di majalah sains atau penulis konten di berbagai website. Semakin bermutu hasil tulisan, Kamu berpeluang mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Ilmuwan Medis

Deskripsi: Pekerjaan medis tidak selamanya dikaitkan dengan jurusan analisis kesehatan, biomedis maupun dokter. Jurusan biologi pun memiliki peluang untuk menapaki jenjang karir sebagai ilmuwan medis. Pekerjaan yang dilakukan sebagai ilmuwan medis yakni meneliti semua hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia mulai dari level molekuler, patologi, fisiologi, hingga analisis kesehatan secara holistik. Beberapa ilmuwan ahli serangga, mamalia, dan burung juga sering digunakan untuk pemetaan penyakit berasal dari hewan.

Baca Juga : Beasiswa Data Print 2023 , Segera Daftarkan Dirimu !

Ilmuwan Internasional

Menjadi ilmuwan internasional merupakan hal yang membanggakan. Manfaat menjadi ilmuwan yakni menjadi populer dalam dunia saintis serta mampu menghasilkan hak paten. Menjadi ilmuwan internasional bisa dimulai dari mengikuti riset dengan dosen sewaktu masih menjadi mahasiswa. Beberapa mahasiswa juga sering melakukan program pertukaran pelajar atau magang di laboratorium di kampus maupun perusahaan di luar negeri. Para ilmuwan juga aktif untuk mencari partner baik dalam negeri maupun luar negeri untuk saling berbagi keilmuan maupun kerja sama. Ilmuwan banyak bekerja di berbagai institusi baik negeri seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan institusi swasta. Dunia ilmuwan sangat luas mulai dari rekayasa genetika, biologi sintesis, konservasi, bioteknologi, forensik, taksonomi, dan sebagainya. Menjadi ilmuwan bisa dilakukan oleh dosen melalui dana hibah atau mengajukan proposal penelitian ke lembaga tertentu di dalam maupun luar negeri.

Analis Laboratorium

Bekerja menjadi analisis laboratorium adalah contoh bidang pekerjaan yang berkaitan dengan biologi yang juga digemari. Dengan berbekal banyak pengetahuan seperti biokimia, molekuler, dan mikrobiologi maka kemampuan analisis lulusan biologi bisa bekerja di berbagai laboratorium seperti BPOM, laboratorium analisis kesehatan, laboratorium uji bahan, dan lain-lain.

Teknisi Laboratorium

Teknisi laboratorium merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan biologi untuk menyiapkan segala keperluan yang dilakukan di laboratorium. Dalam institusi pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi sering disebut laboran. Tugasnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang berkaitan dengan pekerjaan di laboratorium. Selain itu, fungsi teknisi laboratorium juga mengecek alat-alat di laboratorium secara berkala.