KotaWisataIndonesia.com Referensi tempat wisata terlengkap di Indonesia

Mengenang Sisa Kejayaan Kesultanan Banten

Home » Banten » Mengenang Sisa Kejayaan Kesultanan Banten
Banten Benteng Pertahanan Kesultanan Banten Mengenang Sisa Kejayaan Kesultanan Banten

August 20th, 2013. Banten, Mengenang Sisa Kejayaan Kesultanan Banten

Banten merupakan salah satu Provinsi baru yang ada di Indonesia, merupakan pemecahan dari Provinsi Jawa Barat yang sekarang berdiri sendiri. Terdapat banyak peninggalan pada masa kekuasaan Belanda jaman dahulu kala seperti Benteng Speelwijk yang terdapat di Desa Banten, Kecamatan Kasemen. Juga terdapat beberapa peninggalan yang lain diantaranya Danau Tasikardi dan tempat pengolahan air yang disebut pangindelan.

Saat berkunjung di Benteng Speelwijk, kondisinya sangat sepi dan yang hanya terdapat beberapa anak kecil sekitar kampung ang bermain di areal Benteng Speelwijk. Kondisi Benteng Speelwijk masih didominasi oleh tumpukan batu karang dan batu bata merah. Tidak jauh dari lokasi Benteng Speelwijk berada, terdapat Masjid Agung Banten yang berjarak lebih kurang sekitar 500 meter.

Karena dahulu merupakan area orang-orang Belanda, maka di dekat Benteng Speelwijk terdapat makam sejumlah orang Eropa yang meninggal dunia. Terutama para bangsawan dan prajurit yang tewas akibat melawan laskar Kesultanan Banten. Mayoritas kondisi makam sudah rusak karena tidak ada yang merawat secara khusus makam-makam tersebut. Selain itu juga ada saah satu makam yang batu nisannya tertulis angka 1769 yang menunjukkan kematian jenazah dalam makam, dan sampai sekarang usia makam tersebut hampir 3 abad.

Dalam sejarah Kesultanan Banten menunjukkan bahwa mulanya status kepemilikan benteng pertama kali adalah Kesultanan Banten yang dibangun pada pemerintahan Sultan Banten Abu Nasr Abdul Qohhar (1672 – 1687). Namun tahun 1685 Belanda menyerang Banten dan berhasil merebut Benteng, dan direnovasi sedemikian rupa agar menyerupai arsitektur Belanda. Dulunya dalam benteng terdapat rumah komandan, gereja, kamar senjata, kantor administrasi, toko-toko kompeni, dan kamar dagang.

Walaupun kondisi Benteng Speelwijk sudah tidak utuh lagi dan banyak yang rusak, namun berkunjung kesini bersama keluarga dan anak-anak pastinya akan menambah pengetahuan terhadap sejarah bangsa ini, dan mampu meningkatkan rasa nasionalisme. Sambil menikmati pemandangan Benteng Speelwijk, ada baiknya sambil meneguk es kelapa muda yang banyak di perjualbelikan di warung sekitar Benteng Speelwijk.

Find Cheap and Discount Hotel in Tangerang

[agoda city=”Tangerang”]

Masjid Pecinan Banten
Detail : Masjid Pecinan Banten
Category : Banten
Dimensions : 615 x 461 pixel
Situs Peninggalan Benteng Speelwijk
Detail : Situs Peninggalan Benteng Speelwijk
Category : Banten
Dimensions : 615 x 461 pixel
Wisata Benteng Speelwijk
Detail : Wisata Benteng Speelwijk
Category : Banten
Dimensions : 615 x 409 pixel
Kondisi Benteng Speelwijk
Detail : Kondisi Benteng Speelwijk
Category : Banten
Dimensions : 615 x 409 pixel
Jendela Benteng Speelwijk
Detail : Jendela Benteng Speelwijk
Category : Banten
Dimensions : 615 x 280 pixel

Gallery of Mengenang Sisa Kejayaan Kesultanan Banten

Artefak Di Kesultanan BantenKolam Di Benteng SpeelwijkSitus Benteng SpeelwijkBangunan Benteng SpeelwijkJendela Benteng SpeelwijkMasjid BantenTembok Luar Benteng SpeelwijkBenteng Speelwijk Masa KiniKondisi Benteng SpeelwijkPeninggalan Kesultanan BantenSitus Peninggalan Benteng SpeelwijkWisata Benteng SpeelwijkPintu Gerbang Benteng SpeelwijkMasjid Pecinan BantenPeninggalan0 Benteng SpeelwijkBenteng Pertahanan Kesultanan BantenBenteng Speelwijk Dalam Sejarah
See More Another Inspiring Design Ideas? Check Below!
Monumen Nasional Jakarta
Monumen Nasional Jakarta 
Wisata Rohani di Klenteng Tay Kak Sie Semarang
Wisata Rohani di Klenteng Tay Kak Sie Semarang 
Wisata Alam Murah Di Bukit Lawang Medan
Wisata Alam Murah Di Bukit Lawang Medan 
Wisata Air Taman Sari Yogyakarta
Wisata Air Taman Sari Yogyakarta 

Recent Posts

Categories

Archives

Random Post